P-PROCESS: "Agar pengembangan program Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) lebih efisien dan efektif perlu dilakukan 5 tahap :
Gb.1. P - PROCESS
Kelima tahapan ini saling berkait dan merupakan proses yang berkesinambungan.
TAHAP I : ANALISIS KHALAYAK DAN PROGRAM
1.Meninjau khalayak potensial
2.Mengkaji kebijaksanaan dan program yang ada
3.Mencari lembaga atau organisasi yang potensial untuk mendukung program
4.Mengevaluasi sumber daya KIE
Di dalam analisis khalayak sasaran yang ditinjau adalah :
Ø Khalayak sasaran (lingkungan sosial) untuk menentukan faktor-faktor demografi, geografi, ekonomi, dan sosial yang berpengaruh terhadap kegiatan KIE
Dalam analisis program yang ditinjau adalah :
Ø Kebijaksanaan, program dan kegiatan-kegiatan yang telah ada
Ø Kemampuan lembaga atau organisasi yang potensial untuk mendukung program
Ø Kapasitas sumber daya KIE untuk bisa digunakan
TAHAP II : PENYUSUNAN RANCANGAN PROGRAM
1. Menentukan tujuan komunikasi
2. Mengidentifikasi khalayak sasaran
3. Mengembangkan pesan
4. Memilih media
5. Merencanakan dukungan, penguatan interpersonal
6. Menyusun rencana kegiatan
Penyusunan rancangan program dapat diidentifikasi dan ditentukan melalui 8 komponen rumusan :
Ø Menentukan tujuan
Ø Mengidentifikasikan khalayak sasaran
Ø Pengembangan pesan
Ø Pemilihan media
Ø Memperkuat dukungan antar pribadi
Ø Jadwal kerja
Ø Anggaran
Ø Struktur organisasi
TAHAP III : PENGEMBANGAN, UJI COBA, PENYEMPURNAAN DAN PRODUKSI MEDIA
1. Mengembangkan konsep pesan
2. Melakukan pre-test atau uji coba terhadap khalayak sasaran
3. Merumuskan pesan lengkap dan bentuk kemasannya
4. Melakukan pre-test atau uji coba tahap lanjutan terhadap khalayak sasaran
5. Melakukan uji ulang terhadap bahan KIE yang ada (sudah pernah dibuat dan akan diproduksi ulang)
TAHAP IV : PENERAPAN DAN PEMANTAUAN
1. Mengelola iklim organisasi
2. Menerapkan rencana kegiatan
3. Memantau hasil program
Pengelola program harus terampil dalam memutuskan tiga hal :
Ø Mengelola iklim organisasi : pendekatan untuk menjangkau sasaran program harus belajar dari pengalaman, tidak mengkritik
Ø Mengelola manusia : mengetahui kapan harus memberi petunjuk, kapan harus mendelegasikan tanggungjawab dan kapan harus mendorong staf untuk berkarya yang kreatif
Ø Mengelola tugas : mendorong dalam mengejar kegiatan yang produktif dan menghentikan kegiatan yang tidak produktif serta mengetahui bahwa menghentikan kegiatan yang tidak produktif seringkali lebih efisien
Langkah-langkah penerapan adalah :
Ø Memproduksi pesan final dan materi berdasarkan hasil pre-test
Ø Menjadwalkan dan mengintegrasikan penyebaran materi melalui jalur yang efektif untuk mendapatkan dampak yang maksimal
Ø Melatih tenaga yang akan menggunakan materi KIE
Ø Mengedarkan jadwal penerapan program dan laporan-laporan secara luas
Langkah-langkah pemantauan adalah :
Ø Memantau jumlah produksi bahan KIE
Ø Memantau penyebaran di media dan melalaui komunikasi antar pribadi
Ø Memantau struktur internal dan ketaatan petugas, jadwal kerja dan anggaran
Ø Memantau dan memperkuat hubungan kerja dengan lembaga lain termasuk petugas kesehatan dan organisasi yang telah mendukung maupun yang belum
Ø Membuat revisi yang diperlukan untuk penyempurnaan rancangan
TAHAP V : EVALUASI DAN RANCANG ULANG
1. Mengukur dampak keseluruhan
2. Menyusun rancangan ulang untuk periode berikutnya
Langkah – langkah yang ditempuh adalah :
Ø Mengukur dan melacak kesadaran, pengenalan, pemahaman, mengingat kembali dan praktek dengan menggunakan teknik riset yang sesuai dan dapat dijangkau untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dan tepat
Ø Melakukan analisis hasil yang diperoleh, disesuaikan dengan tujuan yang spesifik saat merancang Program K3 menelaah dan menganalisis kumpulan informasi yang didapat pada setiap tahap proses
Ø Melakukan analisis dampak proyek dari kaca mata khalayak, organisasi penyandang dana dan pihak lain yang terkait
Ø Mengidentifikasi perubahan yang signifikan atau berarti pada lingkup nasional
Ø Mengidentifikasi peluang-peluang dan kelemahan - kelemahan
Ø Mengevaluasi ketrampilan yang diperoleh personil
Ø Mengestimasi sumber daya yang mendukung di masa yang akan dating
Ø Mendesain ulang kegiatan-kegiatan KIE secara berkesinambungan
Ø Melakukan penilaian ulang data untuk digunakan pada program baru
* BERKESINAMBUNGAN
Ø Buat rancangan dalam bentuk proses yang berkesinambungan
Ø Selalu sesuaikan dengan perubahan menurut kebutuhan khalayak
PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN KIE DENGAN PENDEKATAN P-PROCESS
1. Pendekatan interdisipliner
2. Koordinasi dengan pihak penyedia layanan
3. Segmentasi khalayak sasaran
4. Pre-test dengan khalayak sasaran
5. Jalur ganda untuk memperkuat
6. Keterlibatan lintas sector
7. Pemantauan secara sistimatis dan penyesuaian
8. Kesinambungan
CATATAN:
Adaptasi dari The Johns Hopkins University, Population Communication Services, Center for Communication Programs (JHU/PCS)
Cari Blog Ini
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip
-
▼
2010
(2630)
-
▼
Januari
(622)
-
▼
Jan 23
(39)
- P-PROCESS
- Pendidikan Kesehatan Dalam Pengelolaan Diabetes Se...
- Model Kemitraan Keperawatan Komunitas Dalam Pengem...
- Pengaruh Umur, Depresi dan Demensia Terhadap Disab...
- Rapid Health Assessment (RHA) Pasca Gempa Bumi 27 ...
- Konsep Duka Cita Menurut Model Betty Neuman
- Ranah Penelitian Keperawatan Gerontik
- Pemberdayaan Suami Melalui Reorientasi - Revitalis...
- Terapi Suntik vitamin C
- Memberikan Obat Sublingual
- MANAJEMEN SDM
- Antara lama Dirawat dan Hari Perawatan
- AUDIT KEPERAWATAN
- INDIKATOR KINERJA
- MANAJEMEN KONFLIK
- ETIK DAN MORAL DALAM PRAKTEK KEPERAWATAN
- MEMBANGUN TIM
- DISIPLIN KERJA
- TANGGUNG JAWAB DAN AKONTABILITAS
- manajemen keperawatan
- keperawatan
- HOME CARE
- Angin Duduk Jangan Dipijat
- Penilaian Hasil Pemeriksaan Hematologi Rutin
- Pelihara Kura-kura Tidak Aman bagi Anak
- Suplemen Vitamin dan Mineral
- Kiat Jitu Usir Batuk
- Kenali Jenis-Jenis Batuk
- Batuk Pilek
- Tentang Sariawan
- Botulisme
- Metode Glenn Doman
- Seputar Khitan
- TETAPLAH TENANG JIKA ANAK KEJANG DEMAM
- Beda Tempra Forte & Tempra Syrup
- SENTUHAN YANG MENYEHATKAN
- PERNYATAAN PB PAPDI TENTANG MALPRAKTIK MEDIS
- AMANDEL BISA MENURUNKAN KECERDASAN
- 'Massage' menolong bayi tidur lebih nyenyak
-
▼
Jan 23
(39)
-
▼
Januari
(622)
0-Asuhan Kebidanan (Dokumen Word-doc)
0-KTI Full Keperawatan (Dokumen Word-doc)
Anak
Anatomi dan Fisiologi
aneh lucu unik menarik
Antenatal Care (ANC)
Artikel Bahasa Inggris
Asuhan Kebidanan
Asuhan Keperawatan Komunitas
Asuransi Kesehatan
Berita Hiburan
Berita Terkini Kesehatan
Berita Tips Twitter
Celeb
contoh Daftar Pustaka
Contoh KTI
Contoh KTI Kebidanan
Farmakologi (Farmasi)
Gadar-kegawatdaruratan
Gizi
Handphone
Hirschsprung
Hukum Kesehatan
Humor Segar (Selingan)
Imunisasi
Info Lowongan Kerja Kesehatan
Intranatal Care (INC)
Jiwa-Psikiatri
kamus medis kesehatan online
Kebidanan Fisiologis
Kebidanan Patologis
Keluarga Berencana (KB)
Keperawatan Gerontology
Kesehatan Anak (UMUM)
Kesehatan Bayi (untuk UMUM)
Kesehatan Haji
Kesehatan Ibu Hamil (untuk UMUM)
Kesehatan Ibu Menyusui (untuk UMUM)
Kesehatan Pria (untuk UMUM)
Kesehatan Remaja
Kesehatan Reproduksi (Kespro)
Kesehatan Wanita (untuk UMUM)
Koleksi Skripsi Umum
Konsep Dasar
KTI D-3 Kebidanan
KTI Skripsi Keperawatan
kumpulan askep
Laboratorium
Lain-lain
Makalah Keperawatan Kebidanan
Managemen Kesehatan
Mikrobiologi
Motivasi Diri
Napza dan zat Adiktif
Neonatus dan Bayi
News
Penyakit Menular potensi KLB
Penyakit Menular Seksual (PMS)
Postnatal Care (PNC)
Protap-SOP
Psikologi-Psikiater (UMUM)
Reformasi Kesehatan
Sanitasi (Penyehatan Lingkungan)
Satuan Acara Penyuluhan (SAP)
Sistem Endokrin
Sistem Immunologi
Sistem Indera
Sistem Integumen
Sistem Kardiovaskuler
Sistem Muskuloskeletal
Sistem Neurologis
Sistem Pencernaan
Sistem Perkemihan
Sistem Pernafasan
Surveilans Penyakit
Teknologi
Tips dan Tricks Seks
Tips Facebook
Tips Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Tips Kecantikan
Tips Kesehatan Umum
Tokoh Kesehatan
Tutorial Blogging
Youtuber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar